PERJALANAN MOBILE ALONGSIDER SUB REG 5.3 #Part 3

Wasior & Manokwari, 18 – 23 Juli 2022

Aku berdoa, semoga dengan kehendak ALLAH aku akhirnya beroleh kesempatan untuk mengunjungi kamu. Sebab aku ingin melihat kamu untuk memberikan karunia rohani kepadamu guna menguatkan kamu, yaitu, supaya aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik oleh imanmu maupun oleh imanku. “

Roma 1:10–12

Janji Tuhan yang mendasari perjalanan pelayanan kami (Justi-Supervisor, Jermy-Pimsubreg dan Tim Kluster) di wilayah Sub Regional 5.3, tepatnya kluster 5.3.2 sebagai respon dari Janji Tuhan di Kejadian 13:14–17

Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram:

 “Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan, sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya. Dan Aku akan menjadikan keturunanmu seperti debu tanah banyaknya, sehingga, jika seandainya ada yang dapat menghitung debu tanah, keturunanmupun akan dapat dihitung juga.  Bersiaplah, jalanilah negeriitu menurut panjang dan lebarnya, sebab kepadamulah akan Kuberikan negeri itu.”

Tujuan dari perjalanan ini adalah:

  1. Membangun hati para alumni di kota-kota sunyi untuk berkontribusi bagi pergerakan IKKA di suku-suku yang terdalam
  2. Mendorong kesehatian diantara para alumni agar terbentuk komunitas yang saling mendukung dan melengkapi untuk bergerak ke kanan dan ke kiri dalam lingkup wilayah mereka
  3. Menyiapkan hati para alumni untuk hidup memuridkan di antara yang terhilang di kota-kota sunyi.
  4. Melakukan survei dan merintis kampus Universitas Negeri Papua

Wasior

18 Juli, Bung Jermy bersama Bung Justi melakukan perjalanan ketiga untuk mengunjungi teman-teman di Manokwari dan Wasior. Setelah tiba di Manokwari kami bertemu dengan Usi Ende Ifamut, salah satu Alumni Navina di Ambon yang telah berdomisili di Manokwari sejak tahun 1995.

Gambar 1. Bung Jermy, bung Justi dan usi Ende

Setelah berdiskusi terkait transportasi ke Wasior akhirnya disepakati pada hari itu juga kami ke Wasior dengan menggunakan KM Elizabeth Queen yang direncanakan berangkat pada Pukul 17:00 WIT.

Gambar 2. Persiapan berangkat ke Wasior dengan KM. Elizabeth Queen

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 12 Jam, kami tiba di Wasior ibukota kebupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada tanggal 19 Juli. Kedatangan kami disambut oleh Keluarga Sumaryono yang merupakan Alumni Navina Ambon yang telah menetap di Wasior kurang lebih 17 tahun.

Gambar 3. Bung Justi, Keluarga Sumaryono, Bung Jermy

Sharing dengan mereka tentang tanggung jawab pekerjaan, hati untuk jiwa-jiwa serta komitmen untuk terus bekerjasama dalam menuntaskan AAK di Wasior.

20 Juli, kami bersama keluarga Mas Yono melakukan perjalanan mengitari kota Wasior untuk bersama berdoa sambil mengingat janji Tuhan dari Kejadian 13 dan Yosua 1:3.

Manokwari

21 Juli pukul 13.00 WIT, kami melanjutkan perjalanan ke Manokwari dengan menggunakan kapal cepat dan tiba Pukul 19:00 WIT setelah itu kami menuju ke hotel untuk bermalam sekaligus beristirahat, kondisi kesehatan Bung Justi yang menurun (sakit) sehingga agenda kunjungan di esok hari hanya dilakukan oleh Bung Jermy.

22 Juli, Bung Jermy mengunjungi salah satu mahasiswi yaitu Nona Numberi bersama saudara sepupunya Shela. Mereka berdua baru saja diterima di Universitas Papua fakultas MIPA jurusan Biologi. Mahasiswi ini merupakan adik dari Julius Numberi salah satu mahasiswa Papua yang sementara  bertumbuh di Solo dilayani oleh Mas Joko Setyo dan Mas Iwun. Dan adik dari Bastian Numberi mahasiswa USTJ Jayapura yang sementara dilayani oleh Bung Jermy di Jayapura.

Meyakini Janji Tuhan dan mengalami janjiNya merupakan hal yang akan menambah pengenalan akan pribadi Allah secara pribadi. Hal ini akan menggairahkan semangat untuk terus berjalan bersama Dia sambil memegang janji-janjiNya.

Sharing Bung Jermy kepada keluarga Nona dan Shela.

Selanjutnya Bung Jermy melakukan perjalanan ke kampus Universitas Papua, untuk mendoakan kampus tersebut agar banyak jiwa diselamatkan. Bung Jermy juga membangun komunikasi dengan seorang mahasiswa S2 Sospol asal Nabire namanya Noach Pekey.

23 Juli, kondisi kesehatan Bung Justi sudah berangsur membaik, sehinga kami melakukan kunjungan ke kampus STT Erikson Treat dan bertemu dengan beberapa alumni yang baru selesai wisuda. Berbagi tentang tujuan hidup dan panggilan untuk memuridkan. Banyak gereja sudah tidak lagi memuridkan seperti yang ditunjukkan Tuhan di dalam Kabar Baik. Pemuridan bukan sekedar belajar firman Tuhan tetapi membagi hidup, menyediakan waktu bagi 1 atau 2 orang jemaat yang selanjutnya bisa mempengaruhi kehidupan keluarga besar mereka bahkan lingkungan mereka, itulah yang menjadi passion bagi setiap hamba Tuhan.

Selanjutnya Kami bersama Usi Ende berkunjung ke salah seorang alumni yang pernah dilayani di Jayapura, Usi Anne Ferdinandus. Alumni ini sangat semangat membagi bagaimana melakukan Amanat Agung Kristus dan memuridkan para remaja putri di gereja. “Saya menyadari bahwa saya butuh pekerja Kristus untuk bekerja sama melakukan AAK bagi para remaja di gereja kami,” demikian yang disampaikan Anne  kepada kami. “Kekurangan pekerja memang itu sudah dialami saat Tuhan Yesus melayani  orang banyak,” sela Bung Justi. “Yang penting Anne berdoa dari para remaja putri, atau wanita muda siapa yang Anne bisa ajak kerjasama untuk melakukan tugas ini. Tuhan memilih 12 orang yang bisa bekerjasama dengan-Nya untuk membawa kabar baik. Kami akan mendoakan pergumulan Anne baik dalam pelayanan maupun dalam keluarga,” kata bung Jermy.

Gambar 8. Bung Jermy, bung Justi, usi Ende dan Anne Ferdinandus

Selanjutnya kami mengitari bukit untuk mendoakan kota Manokwari secara bersama-sama. Tuhan berikanlah pada kami jiwa-jiwa yang haus dan berbeban berat untuk dilayani dan ditolong oleh rekan-rekan di Manokwari

Gambar 9. Bung Jermy, bung Justi dan kota Manokwari

Bung Jermy bersama rekan-rekan kembali ke hotel, dan kondisi kesehatan bung Justi mulai kembali menurun.

Pada malam hari kami bertemu dengan salah satu alumni, tenaga dosen di Universitas Papua yaitu Jory. Berbagi tentang bagaimana membangun hati untuk generasi muda papua melalui kampus Universitas Negeri Papua, Manokwari. Kampus UNIPA merupakan kampus yang strategis dari kampus-kampus yang ada di Papua. Untuk itu sangat diharpkan agar kampur ini muncul pekerja-pekerja orang Papua asli yang mampu berkontribusi bagi pencapaian Amanat Agung Kristus diantara suku-suku yang terhilang di Papua.

Gambar 10. Bung Jermy, bung Justi dan Usi Yori Toru Toja

Keesokan harinya, kami kembali ke kota masing-masing untuk melanjutkan pekerjaan Tuhan yang sementara dikerjakan.

Pelajaran Kunjungan :

  1. Perlu dilakukan kunjungan yang terjadwal dan berkelanjutan oleh pimsubreg , pimkluster yang didampingi dengan pendamping sehingga bisa mengidentifikasi kondisi para alumni dan tindak lanjutnya.
  2. Perlu kapasitas khusus untuk mendengar dari setiap alumni sambil berdoa agar Tuhan menunjukkan apa kebutuhan mereka sehingga dapat dilakukan langkah² pemberian solusi sebisa mungkin.
  3. Membesarkan hati dan membangun kesehatian diantara komunitas para alumni di daerah rintisan agar terjaga semangat dan komitmen bersama dalam pencapaian Injil di wilayah tersebut.
  4. Membangun komunikasi yang intensif dengan para alumni di daerah yang dikunjungi agar mendapat informasi terbaru untuk didoakan secara bersama-sama.
  5. Memastikan setiap daerah rintisan yang ada alumni perlu dikumpulkan agar terbangun komunitas saling dan bila tidak ada alumni harus ada orang asli kota/daerah tersebut yang mendengar tentang IKKA.
  6. Update daerah hasil kunjungan perlu diinformasikan secara berkala bagi para alumni agar terbangun kesamaan presepsi untuk mendukung pergerakan IKKA di antara yang terhilang.
  7. Berdoa dan tetap percaya janji- janji Tuhan karena dalam perjalanan pengembalaan tidak selamanya sesuai dengan rencana dan jadwal kita.

Tantangan

Wasior

  1. Pola masyarakat asli yang masa bodoh untuk berjuang hidup menjadi tantangan bagi kel Mas Yono untuk membagi hidup dengan masyarakat setempat.
  2. Kerinduan untuk mendengar tentang kabar baik oleh masyarakat setempat kurang diminati karena lebih terpusat pada kebutuhan hidup sehari-hari.

Manokwari

  1. Kebutuhan untuk mendampingi para alumni yang telah selesai terutama para alumni yang telah berprofesi sebagai hamba Tuhan agar tetap fokus pada panggilannya sehingga butuh penjadwalan untuk tujuan dimaksud
  2. Kekurangan pekerja di pelayanan gereja menjadi tantangn untuk bisa memenuhi kebutuhan untuk melayani orang yang terhilang terutama ppara wanita.
  3. Keberanian untuk memulai pelayanan di kampus UNIPA ditengah tanggung jawab sebagai dosen dan pekerja Kristus.

Pokok Doa

Mohon dukungan doa bp/ibu sekalian bagi :

  1. Keluarga Sumaryono (Mas Yono) agar diberi kekuatan dan kapasitas dalam bekerja serta dipertemukan dengan orang-orang yang rindu dan haus untuk ditolong dalam firman Tuhan
  2. Saudari Ende Ifamut (usi Ende) agar diberi hikmat , kesehatan dan kapasitas sebagai dosen STT Eriksson Treat serta kemampuan untuk berinteraksi dan melayani para mahasiswa demi pencapaian AAK di Papua Barat
  3. Keluarga Anne Ferdinandus agar diberi kekuatan dan hikmat dalam melayani orang-orang muda wanita di gereja sehingga akan menghasilkan generasi muda yang takut akan Tuhan dan berdampak bagi perubahan sosial dimana mereka berada.
  4. Keluarga Yory Toru Teja agar diberi kekuatan dan kemampuan untuk melaksanakan tanggung jawab sebagai dosen, juga kerinduan dan keberanian untuk berkontribusi bagi AAK melalui profesi dosen di kampus Universitas Negeri Papua.

Tinggalkan Balasan