Terjaring di Bulan Doa Navina Bertemu di NavAustralia

Oleh: Anita Jeujanan

ALLAH sendirilah yang dalam kemurahan-Nya telah memberikan kepada kami pekerjaan yang mulia ini (yaitu mengabarkan Berita Kesukaan kepada semua orang). Karena itu, kami tidak pernah berputus asa.

2 Korintus 4:1 (FAYH)

Bersyukur bisa tergabung dalam Doa Nasional Navina di Bulan Februari 2022 yang lalu secara online. Dalam satu kesempatan, saya bertemu pak Agung Purnomo di breakout room. Setelah mengetahui bahwa saya sedang menempuh sekolah lanjut di Griffith University di Brisbane Australia, Beliau memberi saran untuk menghubungi pak Grant, Pemimpin Nav-Australia, supaya dibantu untuk terhubung dengan teman-teman di Brisbane. Kami pun bertukar nomor WA dan alamat email pak Grant usai doa berlangsung.

Jumpa perdana dengan Pak Agung dalam ruang doa Bulan Doa Navina Februari 2022.

13 Juli 2022, saya kembali ke Australia untuk melanjutkan studi. Mencoba menghubungi pak Grant by email dan dibalas sekitar 2 mingguan lebih. pak Grant tinggal di Canberra-Sydney dan Beliau sedang mengunjungi keluarga di London selama sebulan penuh. Dengan pertolongan Tuhan dan melalui pak Grant, Saya terhubung dengan pemimpin Navs negara bagian Queensland pak Robert Bolton. Kami berkomunikasi melalui surel dan bertemu secara langsung di Rally perdana Navs Brisbane pada 20 Agustus 2022. Lokasi Rally ternyata cukup jauh, dari Selatan (Robertson) ke Utara North Pine Presbyterian Church Hall 57 Old Dayboro Road Petrie-Brisbane. Saya menempuh perjalanan sendiri, belum paham rute dan hanya berbekal Google Maps. Perjalanan memakan waktu 3 jam lebih dengan berganti kereta, bis bahkan taksi, sempat tersesat tetapi semangat bertemu keluarga melebihi ketakutan tersesat di negara orang.

Teringat akan janji Tuhan dalam Yesaya 54:2-3Lapangkanlah tempat kemahmu,dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!” Saya percaya bahwa ini adalah sebuah misi pengutusan bagi saya. Apalagi melihat kesaksian teman-teman di Regional 5, dengan keberadaan mereka dan jarak tempuh yang tidak mudah namun masih terus mau melakukan bagiannya, secara tidak langsung mempengaruhi niat saya bersekutu bersama di komunitas Brisbane.

Peta Australia – Peta perjalanan dengan public transportasi dari Robertson ke tempat Rally.

Hanya saya orang Indonesia (satu-satunya Asia) plus berkulit coklat. Rata-rata bule Australia asli. Meski sedikit kikuk di awal lantaran perbedaan bahasa, saya merasa diterima dalam komunitas ini.

Usai Rally Perdana bersama pemimpin, staf, dan keluarga Navs Queensland.
(Dokumen Navs Australia)

Saat itu kami belajar tentang Ilustrasi Roda. Materi dibawakan staf fulltime Dustyn McLaren. Selama Rally, kemampuan menghafal ayat dari Pemimpin Brisbane dan semua orang yang hadir saat itu membuat saya terkagum, memotivasi saya untuk terus menghafal ayat. Materi yang di-sharingkan sangat unik, Ilustrasi Roda dibuat dalam bentuk maket dan Virtual Reality (VR). Saya teringat akan materi yang sama yang pernah dibagikan bung Justi dalam Rally Kampus Ambon saat saya kuliah di Univ Pattimura.

Berlanjut ke Rally kedua pada 20 September 2022. Tiga hari sebelumnya, saya bertemu dengan pasangan suami istri Staf Navs Australia Pak Ian McIntosh dan Ibu Helen secara pribadi. Mereka ramah nan bersahaja. Pasangan konselor yang pernah melayani selama 10 tahun di Amerika itu datang dan berbagi cerita bersama di Griffith University. Saya sangat bersyukur untuk kesempatan ini. Saat Rally, Pak Ian berbagi tentang “Mengatasi luka. Kepahitan, kekecewaan, kesalahpahaman dan penolakan”. Saya belajar bahwa kepahitan dan kekecewaan kerap saya alami sebagai manusia biasa, untuk menyelesaikan segalanya dan menerima kenyataan yang tidak bisa saya kendalikan membutuhkan waktu yang lama. Mulailah dengan doa, karena Allah sanggup mengubah hati seseorang.

Bersama Pak Ian McIntosh dan Ibu Helen usai Rally (dokumen pribadi)

15 Oktober 2022, kami dikunjungi Pak Grant-Pemimpin The Navigators Australia.  “Alangkah indah jika suatu saat kita bisa bertemu di kampusmu di Brisbane untuk bercerita,” kira-kira begitu bunyi salah satu surat elektronik Pak Grant. Dan Tuhan mempertemukan Saya dengan Beliau.

bersama Pak Grant Dibden (Direktur Nasional Navs Australia) usai Rally

Pak Grant berbagi 10 point kebenaran Injil. Saya diingatkan untuk menghargai pengorbanan Tuhan. Bahwa saya sesungguhnya adalah orang yang tidak masuk hitungan, tapi oleh pengorbanan-Nya di kayu salib, saya memperoleh keselamatan. Dan berkat itu harus bisa saya bagikan kepada orang lain supaya mereka juga dapat mengalami keselamatan dari Allah.

Dalam kesempatan ini, Saya bertemu dengan ketua komunitas warga negara Nigeria di Queensland, pak Blessing, juga salah satu anggota Navs Australia, seorang Mexico, Pak Sergio yang adalah salah satu pelaku bisnis kuliner besar di Brisbane.

Bersama Pak Blessing, Ketua Persekutuan Warga Negara Nigeria di Queensland

Tak habis-habisnya saya bersyukur atas campur tangan Tuhan, melalui momen Bulan Doa Nasional Navina, Tuhan membukakan jalan sehingga saya bisa terhubung dengan komunitas setempat. Tolong doakan supaya keberadaan saya di Brisbane menjadi berkat, Janji Tuhan tergenapi, keturunan rohani muncul dan mendiami kota ini.

2 komentar pada “Terjaring di Bulan Doa Navina Bertemu di NavAustralia”

  1. Terima kasih TUHAN YESUS karena telah membimbing Coco sampai sejauh ini. Semoga TUHAN YESUS menjawab semua doa” Coco aminnn🙏🙏

Tinggalkan Balasan