US-Africa-Navina Learning Together On Community

Tanggal 27 September hingga 4 Oktober 2022, grup dari Afrika dan US melakukan perjalanan ke Asia untuk melakukan pengamatan langsung dari kelompok-kelompok/komunitas lokal dan mereka dipimpin langsung oleh Pak Alan. Ada 6 pemimpin dari US, dan 4 pemimpin dari berbagai negara di Afrika. Tujuan mereka datang ke Asia adalah untuk belajar dari pengalaman regional Asia Pacific (khususnya Indonesia dan Malaysia), dimana pelayanan berbasis komunitas ini sudah mulai dibangun dari 20 tahun yang lalu. Mereka ingin belajar tentang komunitas yang misional, menskemakan prinsip-prinsipnya, dan nantinya bisa mempraktekkan di komunitasnya masing-masing. (Padahal kita yang masih perlu belajar banyak ya? hehe, red)

Selama perjalanan, mereka berkesempatan untuk mampir ke Indonesia beberapa hari. Kali ini mereka datang di Jakarta, bertemu/ekspos dengan komunitas lokal di 3 wilayah Jakarta (Jabodetabek tepatnya).

Mereka tiba hari Selasa sore dan malam, mereka beracara 1 hari di Hotel Aloft TB Simatupang, ditemani Pimp Navina. Hari Kamis dan Jumat, mereka menikmati persekutuan dengan komunitas lokal di wilayah Jakarta Barat (Sam, Rudy, dkk), Timur (Robet, Barce, dkk), dan Selatan (Guntara, Perkasa, dkk). Teman-teman dari Jakarta sangat senang bisa kedatangan para tamu dari US dan Afrika. Kita bisa bertukar pikiran, sharing satu dengan lainnya, bahkan kita juga bisa belajar dan menerima masukan untuk pengembangan-pengembangan injil di Indonesia.

Berikut ini beberapa kesan-kesan dari pertemuan yang singkat dengan tamu Afrika dan US tsb:

“Kami terkesan dengan 3 point rangkuman diskusi yang dicatat oleh Brad (tamu US) utk menjawab pertanyaan: “Apa yg membuat alumni dr kampus dapat tetap semangat melayani setelah ia lulus dari kampus ? Three things that help people labor for a lifetime… friends with a common vision, leaders to bring encouragement and focus, and occasional conferences for equipping”

Barce Simarmata

“Dari cerita-cerita yang mereka bagikan, saya menyadari bahwa setiap tempat (pelayanan) memiliki tantangannya tersendiri dan Allah turut bekerja di dalamnya. Bahkan dalam situasi sulit sekalipun selalu ada berkat dan pelajaran yang kita dapatkan. Bersyukur untuk kasih dalam komunitas di NavIna. Setiap komunitas saling terhubung dan melengkapi, tidak berjalan sendiri-sendiri, sehingga adanya keberlanjutan dan regenerasi (misal dari remaja, kemudian lanjut kuliah, alumni, hingga keluarga). Salah satu dari mereka bahkan berpendapat bahwa dia meyakini setiap negara mendapatkan kasih karunia Allah, namun untuk Indonesia dia menyebutnya ”special grace” (Yoh 1:16). Inilah keunikan keluarga di dalam Allah. Ke mana pun kita pergi, siapa pun yang Allah izinkan untuk kita temui, kita selalu dapat menyambut atau pun disambut layaknya keluarga. Sungguh bersyukur untuk hal indah ini.”

Natasha

“Kami merasa beruntung ikut terlibat dalam kunjungan teman-teman AFUS ini. Di satu sisi, bisa mendengar sharing mereka tentang apa yang terjadi di pelayanan masing-masing di negaranya, … kami coba melakukan perbandingan apa yang harus kami antisipasi untuk kesinambungan regenarasi ke depan. Di sisi lain, pertemuan-pertemuan dengan mereka ini juga memberi kesempatan kami lebih memahami apa yg sdg terjadi dengan diri kami di Navina (evaluasi diri). Di tengah rasa syukur tapi juga good reminder tentang apa yang harusnya bisa kami lakukan dng lebih baik🙏
Adapun kejadian unik yang kami nikmati selama 2 hari ini:
1. Ketika secara spontan kami bisa ajak anak-anak dan pacar mereka untuk ngobrol-ngobrol dengan pak Alan & Chris. Berdoa bersama dan merenungkan keterlibatan Allah dalam case-case kehidupan Alan & Chris (case Ben & hal-hal lain).
2. Mengajak 3 teman naik MRT ke pusat kota (Grand Hyatt). Ini pengalaman yang menyenangkan bagi mereka karena ini kunjungan pertama ke Indonesia. Banyak senda gurau, canda dan perasaan kedekatan sebagai keluarga besar Navigator.”

Rudy

“Merasa terharu dengan kedatangan para pemimpin pelayanan dari US dan Afrika mengingat mereka perlu melihat perjalanan komunitas dan karakteristik integrasi pelayanan wilayah lokal. Kami sendiri seolah kurang menyadarinya tetapi dengan natural saling berhubungan dan saling melengkapi dalam pelayanan komunitas baik secara internal (alumni) maupun eksternal (menjangkau). Mereka juga heran dengan banyaknya teman-teman CIP yang memimpin pelayanan lokal didukung oleh sedikit GIP. Tentunya tidak mudah untuk para CIP dapat mengelola pelayanan lokal di tengah kesibukan dan permasalahan keseharian mereka. Peristiwa lucu juga terjadi ketika kita agak ragu-ragu untuk mengajak mereka jalan pagi bersama group pensiunan komplek Pesona Khayangan. Takut adanya kecurigaan terhadap orang asing, tetapi pada kenyataannya malah para pensiunan menyambut dengan gembira dan mengajak sarapan di salah satu rumah pensiunan dan memvideokannya dengan memberi salam selamat datang kepada para tamu.”

Guntara

Dan berikut adalah sedikit cuplikan keseruan selama 3 hari para tamu Afrika dan US di Jakarta.

Beberapa kesan dari tamu kita.

“I loved what I saw…communal, transformational, missional. In the US, our biggest challenge is being generational. Stay focused on spiritual generations! I’m so grateful for you all. I’m inspired. Your generosity was overwhelming. Thank you so much!”

B. Jonswold

We thank God for your hard work and sacrifices over the years and now we get to reap the benefits of your labour as a country & community: John 4:38 I sent you to harvest where you didn’t plant; others had already done the work, and now you will get to gather the harvest.”

C. Molupe

Thank you so much…, for your love and kindness, and those of the Indonesia Navina. You have really been a source of blessing for us, we pray that God opens ways for our ministry in our countries to reflect the blessing and grace of God, we have seen in Indonesia missional community ministry

P. Sonna

Thank you so much for taking care of me, felt like a child as all my cares were being taken care of.🙏🏿

A. Wasukira

Kita sangat bersyukur untuk kesempatan yang indah dan mahal ini. Mereka telah hadir dari jauh untuk memberkati kita. Semoga kita makin semangat.

Titus adalah temanku  yang bekerja bersama-sama dengan aku untuk kamu; saudara-saudara kami yang lain  itu adalah utusan jemaat-jemaat dan suatu kemuliaan bagi Kristus.

2 Korintus 8:23

Aku memandangnya, aku memperhatikannya, aku melihatnya dan menarik suatu pelajaran.

Ams 24:32 

3 komentar pada “US-Africa-Navina Learning Together On Community”

  1. Terima kasih atas sharingnya di grup… sgt menginspirasi… melalui komunitas kita bisa membawa Injil kpd orang lain yg belum pernah mendengarNya.

  2. Wonderful fellowship.. encouraging and supporting each others…God bless Navigator ministries…..

Tinggalkan Balasan